Honda GL Pro Neotech, merupakan jejeran Motor Tuo dari GL Series yang pernah menikmati kejayaan dimasanya. Motor ini pertama kali muncul di tahun 1995 dan akhirnya dimatikan oleh Honda di tahun 1999.
Kuda besi yang memiliki kapasitas dapur pacu 160 cc atau lebih tepatnya 156,7 cc ini mampu memuntahkan tenaga maksimum sebesar 14,7 hp di putaran mesin 8500 per menit. Meskipun memiliki kapasitas dapur pacu yang bisa dikatakan besar, GL Pro Neotech ini tergolong irit dalam hal konsumsi bahan bakar.
Keiritan GL Pro Neotech ini tak menjadi penghalang untuk kuda besi ini mengeluarkan karakter engine-nya yang responsif dan tangguh. Sebagai buktinya adalah masyarakat di pegunungan, banyak yang menggunakan Honda GL terutama GL Pro Neotech ini. Di Gunung Bromo misalnya, masyarakat sekitar memanfaatkan motor ini sebagai tunggangan sehari-hari untuk mencari nafkah dengan menjadi ojek yang mengankut wisatawan disana. Bahkan tak hanya wisatawan yang diangkut motor ini, motorpun yang tak kuat menghadapi tanjakan yang cukup ekstrim itupun terkadang juga menjadi penumpang di jok lurus kuda besi ini.
Desain GL Pro Neotech ini sendiri masih mirip dengan GL Pro Series dan GL Pro Black Engine yang tetap membawa ciri khas Honda GL yang memiliki desain lurus dan kotak. Tetapi untuk tenaga sendiri GL Pro Neotech ini mengalami penurunan dibandingkan dengan GL Pro Black Engine. Namun disisi lain GL Pro yang lebih update ini lebih irit dibandingkan dengan kedua kakaknya itu.
Spesifikasi Honda GL Pro Neotech
Sport Touring
| |
Tahun Produksi
|
1995-1999
|
Engine
|
OHC, 4 Tak
|
Kapasitas Engine
|
156,7 cc
|
Bore x Stroke
|
63,5 x 49,7 mm
|
Rasio Kompresi
|
9,0 : 1
|
Maximum Power
|
14,7 hp @ 8500 rpm
|
Maximum Torque
|
1,3 kgf.m @ 6500 rpm
|
Fuel System
|
Cylinder Ventury Carburator 24’’
|
Sistem Pendingin
|
Udara
|
Sistem Pengapian
|
CDI-DC, Battery
|
Battery
|
12 V – 4 Ah
|
Busi
|
ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
|
Transmisi
|
5-Speed ( 1-N-2-3-4-5)
|
Kopling
|
Manual, Wet & double clutch
|
Starter
|
Kick
|
Drive
|
Chain (Rantai)
|
Dimensi
| |
Panjang
|
2034 mm
|
Lebar
|
754 mm
|
Tinggi
|
1062 mm
|
Jarak Sumbu Roda
|
1281 mm
|
Tinggi Jok
|
772 mm
|
Jarak ke Tanah
|
149 mm
|
Kapasitas Oli Engine
|
0,9 liter
|
Kapasitas Tangki BBM
|
8 liter
|
Berat kosong
|
103 kg
|
Konsumsi BBM
|
51,4 km/liter pada kecepatan 50 km/jam
|
Rangka
|
Diamond Steel
|
Suspensi
| |
Depan
|
Telescopic
|
Belakang
|
Swing arm, Double Shockbreaker
|
Ban
| |
Depan
|
2,75 - 18 - 42P
|
Belakang
|
3,00 - 18 - 47P
|
Rem
| |
Depan
|
Cakram, Double Piston
|
Belakang
|
Tromol (Drum)
|
Rantai Kamprat
|
Silent Chain
|
Gear Belakang
|
46
|
Noken As
|
2 Bearing
|
Galeri Honda GL Pro Neotech
![]() |
Honda GL Pro Neotech |
![]() |
Honda GL Pro Neotech |
![]() |
Engine Kanan Honda GL Pro Neotech |
![]() |
Engine Kiri Honda GL Pro Neotech |
![]() |
Honda GL Pro Neotech |
![]() |
Headlamp Honda GL Pro Neotech |
![]() |
Honda GL Pro Neotech |
![]() |
Honda GL Pro Neotech |
![]() |
Honda GL Pro Neotech |
![]() |
Honda GL Pro Neotech |
![]() |
Honda GL Pro Neotech |
![]() |
Honda GL Pro Neotech |
![]() |
Engine Kanan Honda GL Pro Neotech |
![]() |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar